Bagikan Artikel

Ayo Sahabat Super Kidz pikirkan saat mendengar kata : sampah?. Pasti yang terbesit hanya kotor, jorok, bau, menjijikkan dan tak bermanfaat, sehingga sampah pantasnya dibuang. Eits!, mulai sekarang buang pikiran itu jauh-jauh. Sebab ternyata tidak semua sampah harus dibuang.

Tidak sedikit sampah yang bermanfaat buat manusia. Ada sampah yang bisa jadi berkah. Kan Tuhan sudah bilang di dunia ini semua yang Kuciptakan di dunia ini tidak ada yang sia-sia, termasuk juga sampah.

Kalau Sahabat Super Kidz tahu, sampah jika dikelola dengan tepat  atau didaur ulang (reycycling) hasilnya bisa bermanfaat banyak orang. Daur ulang (recycling) merupakan sebuah proses memanfaatkan kembali sampah yang sudah dibuang agar dapat digunaakan kembali.

Bahkan Kementerian Lingkungan Hidup berkerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mengadakan program Sekolah Adiwiyata, yaitu : Sekolah Berwawasan Lingkungan. Nah, kan pada senyum karena diantara Sahabat Super Kidz ada yang bersekolah di Sekolah Adiwiyata.

Setelah sampah dipisah maka sampah bisa dibuat berbagai produk yang bernilai bagi manusia. Seperti pupuk, biogas, dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Nah untuk itu Sahabat Super Kidz bisa memisahkan sampah berdasarkan tiga jenisnya, diantaranya:

  • Sampah Organik, merupakan sampah basah yang berasal dari hayati/makhluk hidup seperti daun-daun, bekas tangkai sayuran, dan bekas lauk-pauk atau bangkai hewan
  • Sampah Anorganik, merupakan sampah kering seperti plastik, kaca, besi, dan almunium
  • Sampah Kertas.

Bagaimana? siap mendaur ulang sampah? Yuk buat karyamu dengan berbahan baku sampah. Kemudian, apload di ig:@sahabatsuperkidz dengan hastag #GoAction selamat mencoba ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *