Bagikan Artikel

Setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada tanggal 23 Oktober 2019 silam di Istana Negara Jakarta. Bapak  Erick Thohir, B.A., M.B.A  resmi menjadi bagian Kabinet Kerja jilid 2 Periode 2019-2024 sebagai Menteri BUMN. Sahabat Super Kidz harus tahu, sebagai Menteri BUMN  Bapak Erick Tohir memimpin sekitar 142 perseroan besar milik negara serta 800 an anak  usaha perusahaan yang ada di berbagai sektor.

Nah, pada Minggu (15/12) pagi, Ketua Umum IMO-Indonesia Yakub Ismail mendukung langkah Bapak Erick Tohir orang dibalik kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Apa sih yang dibincangkan oleh Bapak Yakub dan Bapak Erick, yuk kita simak di Kolom Inspirasi: Bincang Hangat bersama Bapak Erick Tohir, Menteri BUMN Periode 2019-2024.

Sahabat Super Kidz, sebagai ketua umum IMO-Indonesia yang merupakan organisasi badan usaha media online yang anggotanya tersebar di berbagai wilayah tanah air ini terus berusaha mengajak insan media online untuk menyajikan pemberitaan yang sesuai dengan data dan fakta dalam perkembangan sebuah isu. Itulah paragraph pembuka dari Bapak  Yakub dalam tulisan hasil wawancaranya ini.

Lebih lanjut ia ingin menyampaikan kepada Sahabat Super Kidz, bahwa  Menteri BUMN Erick Thohir dinilai banyak kalangan sebagai sosok yang berintegritas. Integritas adalah sebuah nilai perilaku yang menandakan seseorang itu memiliki perilaku yang baik dan berkomitmen dalam melakukan sesuatu sesuai dengan jalan yang benar. Begitu juga dari sisi kepemimpinan (leadership).

Pengalaman Bapak Erick dalam menjalankan berbagai usaha nasional dan multinasional dengan didukung aspek jaringan hubungan yang jelas baik secara nasional dan internasional semakin memantapkan langkah Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi harapan baru bagi masyarakat secara luas untuk dapat menata kembali BUMN Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir saat ini tengah terus melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki perusahaan milik Negara salah satunya dengan menempatkan figur-figur yang kompeten sebagai komisaris dan direksi. Sikapnya yang tegas dan terukur menjadikannya tidak ragu dalam mengambil sebuah keputusan.

Bapak Erick Thohir juga telah mengeluarkan sejumlah kebijakan yang menjadi pesan tegas akan komitmen perusahaan yang baik (good corporate governance) dalam sistem kerja yang ada di BUMN. Langkah tegas yang diambil Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir menjadi tanda bagi para pimpinan BUMN Indonesia untuk memperbaiki cara kerjanya agar dapat mewujudkan perusahaan yang baik yang menguntungkan bagi Negara tercinta.

Sebuah langkah pertama dari Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir untuk memperbaiki perusahaan milik negara dengan membentuk satuan tugas (Satgas) untuk segera dapat merampungkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung pada November yang lalu. Satgas ini diharapkan dengan hadirnya satgas proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dapat beroperasi sesuai jadwal yang ditargetkan yaitu pada tahun 2021. Wah nanti Sahabat Super Kidz yang akan ke Bandung dari Jakarta tak perlu lagi merasakan kemacetan seperti saat ini.

Tak hanya itu Sahabat Super Kidz, Bapak Erick Thohir juga tengah melakukan  tindakan perbaikan di struktur organisasi BUMN yang dikenal dengan istilah restrukturisasi. Restrukturisasi ini  diawali dengan mengurangi jumlah deputi dari tujuh menjadi tiga di Kementerian BUMN. Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan efisiensi birokrasi demi mempercepat langkah membangun bangsa.

Langlah selanjutnya yang akan dilakukan menuju tahun 2020 ini  Bapak Erick Thohir sedang melakukan evaluasi terhadap anak serta cucu perseroan yang dibuat oleh berbagai BUMN Indonesia. Nah itulah hasil wawancara Bapak Yakub Ketua Umum IMO-Indonesia dan Bapak Menteri BUMN. Semoga rencana dan target kerja yang sudah disusun Bapak menteri BUMN, Erick Tohir dapat berjalan lancar hingga akhirnya menjadikan  BUMN Indonesia sebagai perusahaan yang unggul dan mensejahterahkan seluruh rakyat Indonesia.

Penulis : Kak Fika
Pengirim : Bapak Yakub Ismail (Ketua Umum IMO Indonesia)
Ilustrasi : Kak Safwan
Editor: Kak Im

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *