Bagikan Artikel

Sahabat Super Kidz, artikel kali ini diambil dari tulisan Kak Wenni yang pernah terbit di  Majalah Super Kidz edisi 3. Ka Wenni menceritakan pengalamannya saat berkesempatan ikut studi ke Malaysia. Kesempatan ini sekalian dimanfaatkan Kak Wenni ikut berwisata ke sejumlah tempat di Negeri Jiran yang terkenal dengan Twin Tower.

Sekarang Sahabat Super Kidz, baca pelan-pelan. Kak Wenni akan beri oleh-oleh tentang Go Green di Malaysia. Pengalaman ini dibagikan bukan hanya untuk Sahabat Super Kidz tetapi juga untuk warga Kota palembang

Sahabat Super Kidz ternyata di negeri tetangga kita, sudah memproduksi alat-alat makan seperti piring dan sendok berbahan dasar daun. Piring dan sendok ini merupakan hasil daur ulang dari proses 3R. Piring berbahan dara daun ini merupakan hasil daur ulang. Penggunaan alat makan dari berbahan dasar daun akan menghemat penggunaan air karena setelah makan tak perlu dicuci lagi selain itu sampah dari daun dapat digunakan sebagai pupuk bagi tanaman.

 

Nah, Sahabat Super Kidz sudah tahu belum apa itu konsep 3R. Alakah konsep ini sudah diterapkan di Sekolah Sahabat Super KidZ? Ayo disimak dengan baik yah, Kak Wenni akan menjelaskan apa itu konsep 3R.

Dimulai  dari kepanjangannya, 3R adalah Recycle, Reduce, dan Reuse. Jika diartikan dalam bahasa kita Bahasa Indonesia. Recycle berarti mendaur ulang, Reduce berarti mengurang, dan Reuse berarti memanfaatkan kembali. Terdengar sederhana bukan?

Di Malaysia sendiri konsep 3R ini sudah diterapkan sejak tahun 2015 oleh Kementerian Perkotaan, Perumahan dan Pemerintah Daerah, diwakilkan oleh yang terhormat YB Datuk Halimah Mohamed Sadique. Fokus utama program 3R adalah untuk mengajak penduduk Malaysia peduli dan sadar betapa pentingnya untuk mengelola sampah, seperti mendaur ulang, mengurangi pemakaian barang –barang yang tidak perlu, serta memanfaatkan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Sahabat Super Kidz juga bisa menerapkan konsep 3R ini baik dirumah maupun di sekolah. Mulai lah segala sesuatu yang baik dari diri sendiri, dari sekarang dan dari hal-hal sederhana yang mudah dilakukan. Nantinya teman-teman sekitar akan meniru kebiasaan baik Sahabat Super Kidz. Berikut ini Kak Wenni memberikan contoh penerapan konsep 3R :

Contoh karya yang bisa Sahabat Super Kidz buat adalah tempat HP seperti gambar dibawah ini :

Bagaimana Sahabat Super Kidz? Penjelasan Kak Wenni tadi cukup mudah, murah, dan bermanfaat bukan? Oh ya Sahabat Super Kidz kalian tahu tidak, jumlah makhluk hidup khususnya kita manusia akan semakin banyak di bumi, hal ini tentu memicu meningkatnya ancaman pamanasan global. Banyak negara-negara yang sudah terkena dampak pemanasan global. Lihat saja contohnya seperti permukaan laut yang naik di Maladewa dan kekurangan air di Pakistan. Kita harus mengubah gaya hidup kita mulai dari sekarang ya Sahabat Super Kidz! Kita hanya mempunyai satu planet dan planet kita tidak bisa didaur ulang.

Semua ini perlu mulai dilakukan dari berbagai pihak pemerintah dan masyarakat. Pemerintah membangun taman-taman kota, penanaman pohon di sepanjang jalan raya, dan penyediaan tong sampah di setiap sudut kota perlu dilakukan. Sementara kita perlu menjaga dan merawatnya. Sahabat Super Kidz punya kegiatan Go Green, yuk upload fotonya di instagram lalu mention kami di IG:@sahabatsuperkidz dengan hastag #SuperKidzGoAction. Kami tunggu ya..

Penulis : Kak Wenni
Ilustrasi : Kak Safwan
Editor: Kak Im

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *