Bagikan Artikel

Halo Sahabat Super Kidz, bagaimana persiapan di tahun ajaran baru ini? Sahabat Super Kidz harus tambah semangat ya untuk menuntut ilmu! Sahabat Super Kidz setiap hari Senin pasti melaksanakan Upacara Bendera di sekolah masing-masing kan? Pada setiap upacara tentu kita akan mengibarkan bendera Merah Putih ya Sahabat Super Kidz. Nah, pengibaran bendera Merah Putih biasanya akan diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia, yaitu Indonesia Raya. Nah, Sahabat Super Kidz tahu tidak sejarah dari lagu kebangsaan kita ini? Kalau belum tahu ayo simak dengan baik Penjelasan berikut yah!

Indonesia Raja (ejaan lama) atau kita kenal dengan Indonesia Raya, adalah lagu kebangsaan Republik Indonesia Sahabat Super Kidz. Lagu ini pertama kali diperkenalkan oleh komponisnya, Wage Rudolf Soepratman tanggal 28 Oktober 1928 pada saat Kongres Pemuda II di Batavia.

(Wage Rudolf Supratman, kelahiran 9 Maret 1903 – 17 Agustus 1938)

Ini berarti sudah 91 tahun sejak Lagu Indonesia Raya pertama kali diperkenalkan, wah sudah lama sekali ya Sahabat Super Kidz. Kemampuan bermusik Soepratman ia peroleh dari kakak iparnya, yaitu Willem van Eldik sewaktu tinggal di Makassar Sahabat Super Kidz. Sahabat Super Kidz tahu tidak, Lagu Indonesia Raya dipilih sebagai lagu kebangsaan Republik Indonesia ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Perlu Sahabat Super Kidz tahu bahwa naskah Lagu Indonesia Raya untuk pertama kali disebarluaskan melalui koran Sin Po pada edisi bulan November 1928. Sahabat tahu tidak mengapa media Koran menjadi pilihan? Karena pada saat itu di Indonesia belum ada siaran TV atau internet seperti saat ini loh. Sahabat Super Kidz sebenarnya, lirik Lagu Indonesia Raya yang kita kenal saat ini sudah mengalami beberapa perubahan kata serta ejaan yang disempurnakan (EYD). Pada tahun 1950 musik Lagu Indonesia Raya juga mengalami penyesuaian komposisi musik oleh seorang seniman berkebangsaan Belanda bernama Jos Cleber atas anjuran Presiden Soekarno.

Sekarang Sahabat Super Kidz sudah tahu kan sejarah lagu kebangsaan kita dan siapa penciptanya! Oh ya Sahabat Super Kidz pada saat Lagu Indonesia Raya diperdengarkan atau dinyanyikan, kita semua wajib berdiri tegak dengan sikap hormat ya! Tunjukkan bahwa kita bangga terhadap lagu kebangsaan negara kita tercinta. Ini adalah video Lagu Indonesia Raya 3 stanza. Yuk kita bernyanyi bersama.

Penulis : Kak Wenni
Ilustrasi : Kak Safwan
Editor : Kak Im
*)Tulisan sudah diterbitkan di Majalah Super Kidz Edisi 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *