Bagikan Artikel

Sahabat Super Kidz, pagi ini, 1 Maret 2020, pukul 06.00 WIB, Gaok yang berasal dari Bahasa Jawa yang artinya sirine) yangg ada di Plengkung Gading Jogyakarta, dibunyikan selama beberapa menit. Berdasarkan situs kebudayaan.kemdikbud.go.id, bangunan bekas Kantor Dinas Pasar didirikan pada tahun 1925 bersamaan dengan pembangunan Pasar Beringharjo. Bangunan ini semula dimaksudkan untuk ruang galeri dan pertokoan sebagai kelengkapan fasilitas pasar, sehingga keberadaannya merupakan satu kesatuan dengan pasar. Perancang dan pelaksana pembangunan gedung adalah Hollandsche Beton Maatschappij, sedangkan pengelola pasar yaitu Kasultanan Ngayogyakarta (Gegevens over Djokjakarta,1925).

Nah mengapa Gaok ini kembali berbunyi pada tanggal 1 Maret pagi ini seperti video yang dikirimkan Kak Totok dari Yogyakarta. Ternyata Sahabat Super Kidz Gaok berbunyi pada pagi ini  untuk memperingati suatu kejadian yg sangat bersejarah, 71 tahun yang lalu di Yogjakarta.

View this post on Instagram

Sahabat Super Kidz, pagi ini, 1 Maret 2020, pukul 06.00 WIB, Gaok yang berasal dari Bahasa Jawa yang artinya sirine) yang ada di Plengkung Gading Jogyakarta, dibunyikan selama beberapa menit. Ada apa ya? Yuk cari tahu di kabarsuperkidz.id melalui link https://s.id/gaokyogyabunyi . Our Partner Support : @jerry.superkidz @mitra.para.sahabat @seputar_info_palembang @palembang_payobegesah @seputar_babelplg @budi_930 @welovepalembang @bogorterkini . . #sekolahku #paud #pendidikananak #superkidzsumsel #superkidzgoestoschool #school #indonesian #pendidikan #tk #paud #sd #tamankanakkanak #siswa #followforfollow #instagram #instagood #instaviews #pelajarindonesia #palembang #sumselterkini #welovepalembang

A post shared by Sahabat Super Kidz (@sahabatsuperkidz) on

Pada zaman Belanda kembali ke Yogyakarta pada tanggal 19 Desember 1948 Gaok dijadikan sebagai sirine penanda mulai dan habisnya jam malam yang diterapkan oleh Penjajah Belanda (18.00 – 06.00). Bagi siapa yang keluar rumah pada jam malam ini maka siap-siap akan ditangkap oleh Belanda.

Tepat pada tanggal 1 Maret 1949, bunyi Gaok juga lah yg disepakati oleh para Pahlawan kita, untuk memulai apa yang selanjutnya disebut sebagai “Serangan Oemoem 1 Maret”, sebuah serangan yang dilakukan pasukan TNI untuk merebut kembali Kota Yogyakarta dari penjajahan Belanda. Selama kurang lebih 6 jam Kota Yogyakarta kembali direbut oleh para Pahlawan. Hal itulah yg menjadi titik balik perjuangan Kemerdekaan Bangsa kita, yang sebelumnya sudah dianggap hilang/lenyap oleh Pemerintah Penjajahan Belanda.

Saat mendengar suara Gaok pagi ini Kak Totok merasa sedih sekaligus bangga terhadap perjuangan para pahlawan yang ada di Kota Yogyakarta. Apalagi salah satu pahlawan itu adalah Mbah dari Kak Totok yang juga sudah memiliki dua anak ini. Kak Totok berpesan kepada Kakak Redaksi untuk menyampaikan pesan kepada Sahabat Super Kidz JAS MERAH yang artinya Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah. Mari kita kirimkan Al Fatihah utk Para Pahlawan kita.

Penulis : Kak Totok Yogyakarta

Editor : Kak Fika

Foto : https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/menara-sirine-gaok-pasar-gedhe-beringharja/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *