Bagikan Artikel

Sahabat Super Kidz, pasti tidak asing lagi dengan dengan istilah Go Green. Atau, mungkin juga diantara Sahabat Super Kidz ada yang belum tahu? Nah, bagi yang belum tahu baca terus ulasan edisi kali ini, supaya kalau ditanya tentang Go Green bia menjawab.

Go Green, terdiri dua kata “Go” yang berarti pergi. Dan “Green” artinya hijau. Tapi dua kata ini tidak bisa kita artikan : pergi ke hijau. Lalu apa artinya? Nah, makanya baca terus sampai tuntas.

Go Green menurut para pakar  artinya tindakan penyelamatan bumi. Lho? memangnya kenapa bumi kita harus diselamtkan? Ternyata, menurut para ilmuan bumi kita saat ini  sudah mengalami kerusakan pemanasan global yang terjadi akibat ulah diri kita sendiri.

Pengertian yang lebih mudah, Go Green menurut para ilmuan disebut pula penghijauan kembali. Caranya dengan menanam pepohonan di sekitar rumah kita, baik bunga atau buah-buahan. Makanya bagi sebagian kota, saat ini banyak yang membuat kawasan taman di dalam kota. Tujuannya agar suasana kota bisa hijau kembali, nyaman, asri dan tidak menimbulkan pemanasan global.

Nah, kalau begitu sebagai warga negara yang baik, kita juga harus ikut dalam mewujudkan Kota Palembang yang hijau. Apalagi, Kota Palembang sudah menjadi Kota Internasional setelah  sukses menjadi tuan rumah perhelatan olahraga se-Asia pada tahun 2018 yang lalu.

Wah..wah.. itu berarti Kota Palembang sudah dikenal sudah dikenal olehribuan atlet dari berbagai negara yang datang ke Palembang. Mereka pasti mengajak orang lain dan banyak yang akan berkunjung ke Kota Palembang.

Sebagai tuan rumah, tentu kita harus bersiap-siap agar tamu kita nyaman berada di Kota Pempek ini. Penghijauan dan kebersihan pasti akan menjadi penilaian awal oleh para tamu di kota kita.

Sahabat Super Kidz pasti malu kan, kalau para tamu melihat kota kita penuh dengan sampah? So pasti tidak mau!. Kalau begitu, Sahabat Super Kidz juga harus ikut membantu pemerintah dengan menjaga kebersihan apalagi Kota Palembang terkenal dengan slogan Palembang BARI yang artinya Bersih-Aman-Rapi dan Indah.

Kalau Sahabat Super Kidz di sekolah, bisa membuat kebun sekolah, dan memperindah taman di halaman sekolah. Kalau di rumah, sahabat Super Kidz bisa juga menanam pohon di sekitar rumah. Caranya memanfaatkan tanah kosong di sekitar rumah. Kalau tidak ada tanah kosong, Sahabat Super Kidz bisa membuat pot dari botol dan kaleng bekas.

Eit, bukan hanya itu saja! Hal yang tak kalah pentingnya adalah ; Sahabat Super Kidz juga punya kewajiban untuk tidak membuang sampah semabarangan. Hayo siapa yang suka buang sampah tidak pada tempatnya?. Jangan sampai seperti yang diposting di instragram tadi ya teman-teman.

Kalau Sahabat Super Kidz jajan yang ada bungkusnya, jangan asal membuang. Sebab, kalau sampai sampah menumpuk, selain akan menimbulkan tersumbatnya saluran air, juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global, apalagi sampah plastik.

Nah, jalan keluarnya Sahabat Super Kidz mulai sekarang kita perlu membuat kotak sampah tiga jenis, yaitu ; tempat sampah kering (anorganik) misalnya; kertas, plastik dan sejenisnya, kemudian tempat sampah basah (organik) misalnya; sampah sayuran dan tempat sampah keras atau yang membahayakan, misalnya; sampah kaleng susu, botol minuman dan sejenisnya.

Mudahkan? Sekarang coba lihat di rumah Sahabat Super Kidz atau di sekolah, sudah atau belum memiliki tiga kotak sampah tiga jenis itu? Kalau belum, berarti ini kesempatan baik bagi Sahabat Super Kidz untuk ikut menyelamatkan bumi dan mendukung Palembang Go Green.

Sahabat Super Kidz masih ingatkan;  kerusakan di muka bumi dan lautan terjadi akibat ulah manusia. Jadi kalau tidak mau dikatakan manusia perusak bumi, ya mulai sekarang berjanji untuk membuang sampah pada tempatnya dan membuat tong sampah dalam 3 jenis tadi, plus menghijaukan sekitar rumah dan sekolah kita. **

Penulis : Kak Fika
Ilustrasi : Kak Safwan
Editor: Kak Im

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *