Bagikan Artikel

Sahabat Super Kidz tahu apa itu lahan basah ?  Jangankan anak-anak, orang dewasa pun belum tentu  terpikir tentang lahan basah. Jika dicari melalui google, Lahan basah atau dalam bahasa Inggrisnya “Wetlands” adalah sebuah wilayah yang tanahnya digenangi dengan air pada waktu tertentu atau selamanya. Contohnya seperti rawa-rawa dan lahan gambut.

Menjaga lahan basah sngat penting lho Sahabat Super Kidz!! Karena dengan menjaga kawasan lahan basah kita sudah ikut menjagaa kehidupan para hewan dan tumbuh-tumbuhan yang hidup di kawasan ini. Disamping itu juga, kawasan lahan basah menjadi tempat untuk menyerap air yang berarti mencegah terjadinya banjir.

Kak Syarifudin Gusar, Direktur Purun Institute yang mengatakan, perjanjian perlindungan lahan basah sedunia ditandatangani pada tanggal 2 Januari 1971. Nah bagaimana di Indonesia? Indonesia sendiri juga telah mengeluarkan aturan melalui Konvensi Lahan Basah Internasional pada  tahun 1991.   Makanya, Sahabat Super Kidz setiap tanggal 2 Februari selalu diadakan beragam kegiatan untuk memperingati Hari Lahan Basah se-dunia dengan tema yang berbeda. Sementara di tahun ini  tema yang diangkat adalah “Lahan Basah dan Keanekaragaman Hayati”.

“ Tema yang dipilih agar setiap orang ingat dengan menjaga lahan basah kita telah melakukan pencegahan terhadap risiko bencana dan perubahan iklim yang mengancam kehidupan kita dan keanekaragamanhayati lainnya”, kata Kak Gusar.

Pesan ini disampaikan Kak Gusar dihadapan para sahabat kita yang mengikuti kegiatan lomba mewarnai  dalam rangka peringatan  Hari Lahan Basah Sedunia,  ‘World Wetlands Day 2020’ dengan tema ‘ WetLands and Biodiversity,’ Lahan Basah dan Keanekaragaman Hayati’ di  Balai Desa Pedamaran III, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir.(20/2)

“Sesuai dengan tema tahun ini, kami mengadakan Lomba  Mewarnai  untuk  Siswa Taman Kanak-kanak (TK),  Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan  Siswa Sekolah Dasar (SD) khusus kelas 1. Lomba mewarnai dan  sosialisasi ini diikuti oleh  130 peserta. Terdiri dari  2 sekolah TK,  9 sekolah  PAUD, 4 SD, ,” jelas Gusar.

Kak Gusar ingin mengenalkan kepada anak-anak betapa pentingnya untuk menjaga lahan basah. Melalui lomba mewarnai lahan basah akan mengingatkan para sahabat kita yang mengikuti lomba agar keindahan dan keasrian di kawasan lahan basah tetap terjaga.

Bersamaan  dengan itu,  diadakan  juga kegiatan sosialisasi  tentang lahan basah dan penyerahan Surat  Tugas Pengampu Kearifan Lokal  yang langsung diserahkan oleh Camat Pedamaran  Herkoles. Melalui kegiatan ini diharapkan keikutsertaan masyarakat menjaga lahan basah terus meningkat terutama dikalangan  warga Pedamaran yang terdiri dari beberapa desa  di Kecamatan Pedamaran.

Nah, Sahabat Super Kidz juga mau kan ikut menjaga lahan basah di lingkungan sekitar seperti yang sudah dilakukan masyarakat dan sahabat-sahabat kita yang ada di Kecamatan Pedamaran. Suksesnya acara  sosialisasi dan lomba  mewarnai ini  tak lepas dukunga dari Yayasan Lahan Basah Wetlands International Indonesia dan  Partners For Resilence  juga  dimeriahkan dengan  penampilan edukatif  dari  Ali Goik (Musisi)  dan Incang-incangan  dari Mastina,  dari Desa Pemadaran 1.

REL : PURUN INSTITUT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *